RSS

Tidur Cukup Bisa Bikin Perut Ramping

12 Aug

Tidur yang cukup memang diketahui baik untuk otak dan membuat kinerja mental optimal. Tapi ada manfaat lain yang diperoleh jika mendapatkan tidur yang cukup, yaitu bisa membuat perut jadi ramping.

Selama ini masyarakat tahu bahwa orang membakar kalori lebih banyak ketika sedang terjaga dibanding saat tidur. Tapi tidur yang cukup juga bisa membantu tubuh membakar banyak kalori sehingga mengurangi penumpukan lemak.

Studi menunjukkan jumlah jam tidur yang dimiliki mempengaruhi risiko seseorang mengalami obesitas, makin sedikit jam tidur diperoleh maka makin besar terjadinya penumpukan lemak di perut.

Ada berbagai hal yang menjadi alasan mengapa tidur yang cukup sangat penting dalam menurunkan berat badan serta menyingkirkan tumpukan lemak di perut khususnya pada perempuan, seperti dikutip dari Livestrong dannursingmenopause.com, Jumat (12/8/2011) yaitu:

1. Membantu mengontrol diri
Tidur sangat penting dalam membantu seseorang mengontrol diri. Jika seseorang tidur kurang dari 6 jam maka kualitas tidurnya akan buruk yang akan mempengaruhi kemampuan orang dalam mengambil keputusan. Kondisi ini tentu saja berdampak pada pola makannya sehingga memicu ia lebih banyak ngemil.

2. Mengurangi kadar ghrelin
Ghrelin adalah hormon yang memicu rasa lapar. Studi menunjukkan laki-laki dan perempuan yang memiliki waktu tidur kurang dari 4 jam selama 2 hari berturut-turut akan mengalami peningkatan drastis hormon ghrelin yang membuatnya banyak makan dan mengemil makanan asin serta manis.

3. Mengurangi jumlah hormon kortisol
Stres telah terbukti menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon, terutama yang melibatkan hormon kortisol yaitu hormon yang dikeluarkan selama stres. Hormon kortisol ini bisa menstimulasi penyimpanan lemak di sekitar perut. Tapi jika seseorang mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka kadar hormon kortisol rendah dan lemak yang menumpuk di perut berkurang.

Tidur merupakan hal yang penting bagi tubuh. Jika ingin menghindari perut buncit, maka mengatur pola makan dan berolahraga saja tidak cukup. Tetap diperlukan jam tidur yang cukup serta menikmati hidup yang ada dan menghindari stres.

————————

Semoga bermanfaat😉

artikeluarga

artiKELuarga

 
Leave a comment

Posted by on August 12, 2011 in Kesehatan, Tips & Trik

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: