RSS

Tips memilih kendaraan keluarga

05 Aug

Mobil Keluarga TerbaikMemiliki kendaraan keluarga khususnya yang nyaman dan aman adalah keinginan semua keluarga di Indonesia. Namun, untuk memilih kendaraan yang ideal dan sesuai dengan kondisi keuangan juga gampang-gampang susah. Karena saat ini, hampir semua produsen kendaraan menawarkan berbagai macam tipe dan harga, mulai dari mobil yang berukuran besar hingga yang hanya muat untuk keluarga berencana (KB).

Diperlukan banyak pertimbangan mulai dari bentuk, luas, harga dan tentunya pertimbangan kenyamanan dan keamanan untuk keluarga dalam memilih kendaraan yang cocok. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih kendaraan keluarga :

  • Pertama, pilihlah kendaraan yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga, jangan sampai hanya karena gengsi semata.
  • Kedua, utamakan nilai keamanan (safety first) pada kendaraan tersebut, karena kendaraan yang akan kita pilih merupakan kendaraan keluarga, sehingga penting untuk menanyakan uji keselamatannya, apakah sudah lulus atau belum.
  • Ketiga, cobalah mengeceknya dengan mengendarai (test drive) di jalanan berlubang, apakah guncangannya keras atau tidak. Pilih kendaraan dengan bantingan yang lembut, sehingga cukup nyaman saat melaju di jalan biasa maupun bebas hambatan.
  • Keempat, pilihlah kendaraan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, irit BBM dan biaya perawatan rendah, sehingga akan menghemat biaya bulanan.
  • Kelima, cari informasi lokasi servis center kendaraan, apakah banyak tersedia atau tidak. Kemudian tanyakan harga untuk suku cadangnya, karena sudah menjadi rahasia umum, banyak suku cadang murah pada tahap awal namun mahal pada perawatannya.
  • Keenam, perhatikan kantong udara pengaman (air bag) jika anda memilih sebuah mobil bagi keluarga, dan pastikan semua berfungsi dengan baik.
  • Ketujuh, perhatikan sabuk pengaman di setiap kursi baik depan, tengah dan belakang dan pastikan apakah dapat diatur untuk anak-anak.
  • Kedelapan, perhatikan system rem anti lock, apakah dilengkapi dengan system ABS (Anti-lock Braking system) yang dapat mengunci disaat kendaraan tergelincir dan tetap dalan keadaan terkontrol.
  • Kesembilan, pastikan juga apakah kendaraan dilengkapi dengan safety door dan window locks sehingga dapat memastikan anak-anak selalu aman berada dalam kendaraan setiap saat.
Semoga bermanfaat😉
artiKELuarga
 
Leave a comment

Posted by on August 5, 2011 in Otomotif, Tips & Trik

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: